Scroll to top

Aktifkan Saraf Otak PM, Pemprov Jatim-UPT PSTW Bondowoso Berikan Terapi Kognitif Bagi PM Lansia | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 26 Mei 2024

BONDOWOSO - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Bondowoso Dinas Sosial (Dinsos) Jatim melakukan kegiatan terapi kognitif bersama penerima manfaat (PM), Kamis (23/5/2024).
 
Terapi kognitif ini merupakan kegiatan yang cukup penting bagi lansia, sebab dapat mendukung mereka untuk mengaktifkan saraf otak serta membantu mengenali pikiran negatif yang muncul, sehingga hal ini akan membuat persepsi positif.

Pekerja sosial (peksos) UPT PSTW Bondowoso bersama dengan guru magang dari SMKN 4 Bondowoso merancang kegiatan terapi kognitif terhadap PM dengan berbagai kegiatan. Seperti teka-teki silang online, kuis tentang sejarah, dan kuis pengetahuan umum. Kegiatan ini dilaksanakan dengan media laptop dan proyektor sehingga dapat diikuti oleh beberapa PM secara bersamaan. 

Adapun saat kegiatan, PM lansia terlihat sangat antusias mengerjakan setiap teka-teki dan kuis yang diberikan. Sekitar 15 orang PM lansia mengikuti dengan penuh semangat kegiatan ini.

“Terapi Kognitif cukup penting dilakukan bagi para PM. Selain memberikan manfaat secara biologis, kegiatan ini juga memberikan penyegaran bagi PM untuk dapat meningkatkan keakraban dan sosialisasi,” ungkap Peksos UPT PSTW Bondowoso Juan Enricho H.
 
Beberapa lansia diketahui cukup menguasai teka-teki silang dan kuis yang diberikan. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya soal-soal yang bisa terjawab dengan mudah, terutama kuis tentang sejarah dan pengetahuan umum. 

Kepala UPT PSTW Bondowoso melalui Kasi Pelayanan Sosial Budi Waluyo mengungkapkan apresiasi yang tinggi atas semangat yang diberikan oleh PM. “Terapi Kognitif ini cukup menghibur. Selain memberikan manfaat, kegiatan ini juga meningkatkan semangat kebersamaan bagi para PM,” kata Budi. (je/din)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    459583
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.