Scroll to top

Rangkaian Pembentukan KSB “Pratanu” Kecamatan Arosbaya, Dinsos Jatim Lakukan Simulasi Penanganan Bencana | BIDANG PERLINDUNGAN & JAMINAN SOSIAL

Dipublikasi pada 27 Oktober 2021

BANGKALAN – Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) “Pratanu” di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan memasuki hari kedua, Selasa (26/10/2021). 

 

Kali ini, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim mendatangkan Koordinator Tagana Provinsi Jatim sebagai tenaga praktisi kebencanaan untuk memberikan materi pelatihan dasar dan simulasi penanganan bencana.

 

Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 orang peserta. Mereka berasal dari dua desa yang rawan banjir, yakni Desa Buduran dan Desa Tengket.

 

Dalam kesempatan itu, Koordinator Tagana Provinsi Jatim, Twi Adi menjelaskan bahwa KSB secara umum mempunyai tiga poin dalam penanggulangan bencana yaitu, pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana. Dia juga menerangkan secara detail peran masing-masing tim dalam proses penanganan ketika bencana banjir terjadi.

 

“KSB memiliki beberapa tim yang memiliki tugas berbeda, yaitu tim posko, dapur umum (DU), logistik, evakuasi, dan tim shelter,” jelasnya.

 

Usai memberikan materi, Twi mengarahkan para peserta ke lokasi yang akan ditempati apel pengukuhan dan simulasi.

 

“Mereka sangat bersemangat dan respon sekali terhadap materi yang disampaikan. Hal itu terlihat ketika pada sesi presentasi dan tanya jawab antar tim,” ucapnya.

 

Dia berharap, semangat para anggota KSB ini dapat berkelanjutan, sehingga banjir di Kecamatan Arosbaya ini dapat tertanggulangi dengan baik. (sya/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    434408
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.