Scroll to top

Ujian Akhir Mahasiswa PPL UINSA Surabaya, UPT RSBLK Tuban Gelar Case Conference | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 27 Oktober 2021

TUBAN - Menjelang berakhirnya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Lara Kronis (RSBLK) Tuban menggelar case conference (sidang kasus), Senin (25/10/2021).

 

Kegiatan yang dilaksanakan di aula UPT RSBLK Tuban ini merupakan persyaratan akhir pelaksanaan PPL mahasiswa di UPT RSBLK Tuban dan menjadi penentu kelulusan. Tujuh mahasiswa Jurusan BKI UINSA Surabaya ini telah melakukan PPL sejak 27 September 2021 hingga 27 Oktober 2021.

 

Acara ini dihadiri Kepala UPT RSBLK Tuban, Kasi Rehabilitasi Sosial, Pengelola Pelayanan Kesehatan, Pengelola Pelayanan Sosial dan Rehabilitasi Sosial, Pekerja Sosial Ahli Pertama, tujuh mahasiswa PPL Jurusan BKI UINSA Surabaya.

 

Dalam kegiatan ini, mahasiswa menyeminarkan satu studi kasus klien UPT RSBLK Tuban yang telah melalui proses assesment secara mendalam. Mereka juga merancang rencana intervensi secara tepat sasaran, dilanjutkan dengan pelaksanaan intervensi sesuai jadwal yang direncanakan sebelumnya, dan diakhiri dengan evaluasi dari intervensi yang telah diberikan.

 

Kepala UPT RSBLK Tuban Drs Adi Swasono memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Menurutnya, case conference ini merupakan bentuk tanggungjawab mahasiswa PPL dalam tahap akhir praktikum di UPT RSBLK Tuban.

 

“Saya saksikan dari seminar kasus ini, banyak sekali masukan ide-ide serta penerapan intervensi yang disesuaikan dengan teori yang dipelajari dari perkuliahan, khususnya di jurusan BKI, guna mengatasi permasalahan yang dialami klien eks kusta di UPT RSBLK Tuban demi mencapai kesejahteraan sosial,” katanya.

 

Dia berharap, kegiatan ini dapat menghasilkan output dan outcome yang bermanfaat, baik bagi klien UPT RSBLK maupun bagi mahasiswa PPL jurusan BKI UINSA Surabaya. 

 

“Semoga kegiatan ini bisa menjalin kerjasama yang baik antar instansi dan ke depan bisa diadakan lagi demi proses pembelajaran bersama, khususnya dalam penanganan eks kusta di UPT RSBLK Tuban,” harapnya.

 

Pekerja Sosial Ahli Pertama UPT RSBLK Tuban, Muhammad Ahsanuddin Firdaus, SSos menambahkan, case conference ini dilakukan untuk mengukur ketajaman analisis mahasiswa PPL dalam proses asessment, serta ketepatan pemberian intervensi dengan mengadopsi teori yang telah diterima selama perkuliahan, sehingga secara tidak sadar, mahasiswa PPL telah berhasil dan siap terjun ke ranah pekerjaan sesuai keahlian mereka setelah lulus nanti.

 

Sementara, Adella Aurelia, salah satu mahasiswa PPL Jurusan BKI UINSA Surabaya menuturkan, dalam PPL yang telah berjalan satu bulan ini, dia dan teman-temannya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. Yakni, bisa menyaksikan penerimaan klien ke dirinya sendiri dan lingkungan, saling menghargai dan menghormati.

 

“Saya pribadi merasa belajar tentang makna bersyukur dalam menjalani hidup,” ungkapnya. (fir/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    40795
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.