Scroll to top

Pantau Kesehatan Klien Lansia, UPT PSTW Blitar di Tulungagung Kerja Sama dengan Puskesmas Sembung | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 26 Oktober 2021

 

TULUNGAGUNG - Aspek kesehatan menjadi satu hal yang mutlak diperhatikan dalam merawat lansia. Oleh karena itu, Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Blitar di Tulungagung secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan bagi klien lansia.

 

Dalam melaksanakan kegiatan ini, UPT PSTW Blitar di Tulungagung bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab. Tulungagung dan Puskesmas Sembung ditunjuk sebagai pelaksana. 

 

Pemeriksaan kesehatan rutin ini dilaksanakan setiap sepekan sekali, antara Selasa hingga Jumat dan bertempat di ruang kesehatan UPT PSTW Blitar di Tulungagung. 

 

Pada pekan ini, pemeriksaan kesehatan dilakukan pada Selasa (26/10/2021) pagi. Kali ini, klien lansia tampak lebih bersemangat mengikuti pemeriksaan kesehatan karena siswa-siswi SMK Brawijaya Tulungagung yang sedang praktek kerja lapangan (PKL) di UPT turut membantu. 

 

Kegiatan dilakukan dengan cara mengumpulkan lansia yang memiliki keluhan kesehatan. Selanjutnya, setiap lansia akan dicek tanda-tanda vitalnya meliputi tekanan darah, suhu tubuh, frekuensi nadi, dan menangani keluhan apa yang mereka rasakan. 

 

Setelah itu, pihak Puskesmas yang dipimpin dr Yustien Yustiana didampingi perawat Neneng Sawitry Amd Kep akan melakukan analisis mengenai kondisi kesehatan lansia dan memberikan obat yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPT PSTW Blitar, Rini Widijati Antarlina SH MSi mengatakan, kerja sama dengan Dinas Kesehatan dalam melakukan pemeriksaan kesehatan klien lansia ini telah dilakukan sejak lama. 

 

Dia menjelaskan, kegiatan pemeriksaan kesehatan rutin ini bertujuan untuk mengontrol kesehatan lansia di UPT serta mengatasi masalah kesehatan yang sekiranya muncul pada lansia di panti.

 

“Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan favorit lansia,” ujar Rini, didampingi petugas Pengelola Pelayanan Kesehatan UPT PSTW Blitar di Tulungagung. 

 

Pasalnya, lansia pasti mengalami penurunan kondisi baik fisik dan psikis yang membuat mereka merasakan banyak keluhan kesehatan. Misalnya, pegal linu yang merupakan salah satu keluhan terbanyak di kalangan lansia di UPT PSTW Blitar di Tulungagung.

 

“Mengingat kesehatan memang salah satu hal vital bagi lansia, maka dari itu kami berharapan semoga ke depan UPT memiliki akses ke pelayanan kesehatan dengan lebih mudah. Baik dari segi sarana prasarana, petugas yang mumpuni, maupun kemudahan sistem dalam melakukan pelayanan kesehatan lanjutan,” pungkasnya. (fjr/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    40811
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.