Scroll to top

Manfaatkan Waktu Luang, Klien UPT PSTW Jombang Semangat Budidayakan Tanaman Angkung | SEKRETARIAT

Dipublikasi pada 26 Oktober 2021

 

JOMBANG - Mbah kakung dan mbah putri klien Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) tampak semangat berkebun untuk membudidayakan tanaman angkung, Senin (25/10/2021) pagi.

 

Bertempat di halaman belakang kantor UPT PSTW Jombang, para klien menyiapkan tanah dan polybag untuk media tanaman, sedangkan pengasuh dan pendamping klien menyiapkan bibit angkung. Selanjutnya, klien menempatkan bibit yang sudah ditanam di tempat toga tanaman angkung. 

 

Hadir dalam kegiatan ini antara lain, Kepala UPT PSTW Jombang, Kasubbag TU, Kasi Pelayanan Sosial, dan Pekerja Sosial UPT PSTW Jombang.

 

Kepala UPT PSTW Jombang, Dra Sri Retno Hartiwi MSi mengatakan, melalui kegiatan ini diharapakan para klien lansia dapat menghilangkan kejenuhan. 

 

Selain itu, dapat diambil manfaat lain dari kegiatan tersebut karena tanaman angkung yang memiliki banyak manfaat. Di antaranya, dapat dijadikan pengobatan stroke, perbaikan fungsi hati, meredakan penyumbatan pembuluh darah, memperlancar peredaran darah, pengobatan radang selaput otak, pengobatan asam urat, mengatasi kekurangan cairan tubuh, dan menghindarkan kejang saat suhu tubuh tinggi. 

 

“Mengingat para lansia cukup rawan atas penyakit-penyakit tersebut, maka pembudidayaan tanaman jenis ini perlu dilestarikan,” ujarnya.

 

Kasubbag TU Dra Ide Karjanti MSi menambahkan, kegiatan ini sangat bagus untuk para lansia. Selain pemilihan jenis tanaman yang tepat, ada manfaat lain dari kegiatan tersebut, misalnya menumbuhkan rasa saling gotong royong antar klien, mempererat hubungan klien dengan pembimbing dan pengasuh asrama masing-masing, serta menumbuhkan rasa semangat pada diri klien. 

 

“Yang terpenting, kita dapat mengambil manfaat tanaman itu secara langsung. Tinggal petik buah bulat kecil yang menempel pada batang itu maka kita langsung bisa menggambil manfaatnya,” tambahnya. (iin/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    40811
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.