Scroll to top

Berdayakan Masyarakat Atasi Bencana, KSB “Pratanu” di Arosbaya Bangkalan Resmi Dibentuk | BIDANG PERLINDUNGAN & JAMINAN SOSIAL

Dipublikasi pada 25 Oktober 2021

 

BANGKALAN - Masyarakat Desa Tengket dan Desa Buduren, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan diberdayakan untuk mengatasi bencana yang kerap dialami wilayah tersebut.

 

Pemberdayaan ini seiring dengan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) “Pratanu” yang diresmikan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim, Senin (25/10/2021) siang.

 

Pembentukan KSB sekaligus penyuluhan itu dilaksanakan di Balai Desa Tengket. Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Dinsos Kabupaten Bangkalan, Kasi PKSBA Dinsos Provinsi Jatim, FK Tagana Pusdalop Provinsi Jatim, Tagana Kabupaten Bangkalan, Camat Arosbaya, Kepala Desa (Kades) Tengket dan Kades Buduren, serta warga dua desa tersebut.

 

Dalam kegiatan ini, masyarakat diberikan penyuluhan tentang pentingnya penanganan bencana banjir di wilayah Kecamatan Arosbaya. Mereka juga diberdayakan untuk bisa mengantisipasi jika terjadi luapan air dan ikut menjaga kelestarian lingkungan dan alam.

 

“Sebagai bentuk antisipasi, masyarakat sekitar sepakat membentuk KSB “Pratanu” sebagai wadah informasi penanganan bencana banjir dan penyaluran logistik,” kata Kepala Dinsos Kabupaten Bangkalan Wibagio Suharta SSos MM.

 

Koordinator Tagana Kabupaten Bangkalan Dody Purmahadi menambahkan, dalam pembentukan KSB ini pihaknya melakukan koordinasi dengan Perangkat Desa Tengket dan Buduren.

 

“Kami juga mengajak warga untuk berkolaborasi dan aktif dalam KSB yang telah dibentuk,” pungkasnya. (isw/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    431685
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.