Scroll to top

Tindaklanjuti Berita Media Cetak, TKSK Situbondo Lakukan Asesmen pada Mbah Suna'im | BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL & PENANGANAN FAKIR MISKIN

Dipublikasi pada 25 Oktober 2021

SITUBONDO – Kisah Mbah Suna’im (78) yang diangkat di salah satu media cetak menjadi perhatian Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim. Dalam berita tersebut dituliskan mengenai Mbah Suna’im yang sehari-hari keliling desa untuk mencari rongsokan.

 

Menanggapi berita tersebut, Dinsos Jatim menugaskan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Situbondo untuk mengunjungi dan melakukan asesmen kepada Mbah Suna’im.

Koordinator TKSK Kabupaten Situbondo, Lutfi Jalil pun segera menghubungi TKSK Kecamatan Situbondo, Arief Sumarsono untuk segera meluncur ke kantor Kelurahan Ardirejo untuk mencari informasi terkait Mbah Suna’im, Senin (25/10/2021).

 

“Alhamdulillah langsung ditemui oleh staf sosial, bapak Eko Edi Waluyo dan langsung menuju Bukit Putih untuk mencari informasi alamat lengkapnya. Setelah mendapatkan informasi dari Ketua RT 3 RW 2, Samiru, kami langsung menuju lokasi yang ditunjukkan,” ujarnya.

 

Beruntung, sebelum sampai ke lokasi, TKSK beserta rombongan bertemu Mbah Suna’im yang sedang mengayuh sepedanya untuk menyetorkan hasil pencarian barang bekas kepada pengepul.

 

Lutfi menjelaskan, dari hasil asesmen yang dilakukan pihaknya, diketahui bahwa Mbah Suna'im mempunyai anak laki-laki yang bernama Syamsudin. Awalnya, dia mempunyai usaha bengkel tambal ban di pinggir jalan, namun saat ini bengkel tersebut dibongkar pemiliknya untuk direnovasi. Sehingga, dia tidak buka tambal ban lagi dan memilih fokus mencari bahan bekas untuk disetorkan ke pengepul.

 

“Dari hasil pencarian bahan bekas, beliau gunakan untuk makan, ngopi, dan rokok. Sebenarnya anak beliau sudah memberikan yang beliau butuhkan, namun Mbah Suna’im sering tidak berkenan,” papar Lutfi.

 

Dia melanjutkan, sebelumnya Mbah Suna’im pernah mendapatkan dana dari kelurahan sebesar Rp 600 ribu selama 4 bulan, sedangkan anaknya pernah dapat PKH (anak sekolah) dan berakhir sekitar 2 tahun lalu, namun sampai saat ini tetap lancar menerima BSP.

 

“Saat ini Mbah Suna’im tinggal bersama anaknya, namun KTP beliau sudah lama kadaluarsa dan KK Desa belum diproses ke Dispendukcapil. Jadi, setelah asesmen kami kami langsung membawanya ke Dispendukcapil untuk melakukan proses perekaman KTP dan KK. Selanjutnya beliau akan diusulkan ke DTKS,” terang Lutfi.

 

Dalam kesempatan tersebut, selain melakukan asesmen dan mengantar Mbah Suna’im ke Dispendukcapi, TKSK Kabupaten Situbondo juga menyerahkan bantuan berupa uang tunai. Selain itu, pihak Dinsos Kabupaten Situbondo juga menyerahkan bantuan paket sembako. 

 

Kegiatan ini melibatkan sejumlah pihak. Antara lain, Ketua RT 3 RW 2 Bukit Sema, Koordinator TKSK Kabupaten Situbondo Lutfi Jalil, staf Sosial Kelurahan Ardirejo Eko Edi Waluyo, TKSK Kec. Situbondo Arief Sumarsono, Kabid Linjamsos Dinsos Kabupaten Situbondo Heri Cahyo, dan Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Catatan Sipil Nur Hafiati. (rif/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    40810
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.