Scroll to top

Tingkatkan Minat Baca, UPT PSBR Jombang Fasilitasi PM Pinjam Buku di PDPK | UNIT PELAKSANA TEKNIS

Dipublikasi pada 24 Oktober 2021

JOMBANG – Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Bina remaja (UPT PSBR) Jombang memfasilitasi penerima manfaat (PM) untuk meningkatkan minat baca. Salah satunya, dengan menjalin kerja sama dengan perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Jombang (PDPK) yang dilakukan sejak tahun 2020.

 

Dalam kerja sama yang dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman (MoU) itu, PM UPT PSBR Jombang dapat meminjam buku di PDPK setiap seminggu sekali. Maksimal dua minggu sekali, PM dapat meminjam sekaligus mengembalikan buku ke PDPK. 

 

“Kegiatan ini bertujuan untuk maksimalisasi pemanfaatan waktu luang yang dimiliki PM. Dengan harapan terjadi peningkatan pengetahuan, peningkatan minat baca, penambahan kegiatan rekreatif, serta efek manfaat lainnya,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPT PSBR Jombang, Pitono SSos MSi, Minggu (24/10/2021).

 

Dia melanjutkan, saat pandemi seperti sekarang, buku hanya bisa dibawa pulang (take away), tidak untuk dibaca di tempat. Jika pandemi sudah berlalu, PM dapat mengunjungi PDPK setiap saat pada jam kerja di luar jam kegiatan. 

 

“Apalagi jarak antara PDKP dan UPT PSBR Jombang hanya sekitar 500 meter,” imbuhnya.

 

Kepala Seksi Pelayanan Sosial UPT PSBR Jombang, Dra Nenden Desnawati menambahkan, selain peminjaman buku perpustakaan, MoU antara PDPK dan UPT PSBR Jombang juga mencakup kedatangan perpustakaan keliling PDPK ke UPT PSBR Jombang setiap akhir pekan, Sabtu atau Minggu. 

 

“Selama dua jam nonstop, PM dapat memilih dan membaca buku yang dibawa oleh mobil perpustakaan keliling PDKP,” pungkasnya. (dsk/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    430171
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.