Scroll to top

Kunjungi ODGJ, TKSK Bersama Keswa Kedungkandang Beri Edukasi Keluarga | BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL & PENANGANAN FAKIR MISKIN

Dipublikasi pada 23 Oktober 2021

KOTA MALANG - Malang nian nasib SL. Di tengah kondisi gangguan kejiwaannya yang mulai membaik, warga Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang itu harus kembali tinggal di kamar berjeruji besi.

 

Hal itu dilakukan karena ibunya harus pergi bekerja. Kini, ibu SL menjadi satu-satunya tulang punggung keluarga sejak suaminya terbaring lemah karena menderita stroke. 

 

“Kalau dibiarkan di dalam rumah dan tidak ditempatkan di kamar berjeruji, ibunya takut kalau SL pergi dan tidak ada yang mengawasi. Sudah berkali-kali ibunya harus mencari SL yang tiba-tiba pergi dari rumah saat ditinggal,” ujar Suharti, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kedungkandang yang juga pendamping pasung.

 

Pada Sabtu (23/10/2021), Harti bersama petugas Kesehatan Jiwa (Keswa) mengunjungi SL. Selain menyerahkan bantuan dan menengok kondisi SL, Harti dan Keswa juga berusaha menjelaskan kepada ibu SL agar bersedia membawa anaknya ke rumah sakit jiwa (RSJ).

 

“Kami kasihan pada SL karena sudah mulai sembuh. Meskipun belum pernah dirawat di RSJ, tapi saya dan Keswa selalu memastikan agar dia rutin meminum obat. Setelah diedukasi agar mau membawa anaknya ke RSJ, ibu SL masih mau berunding dengan keluarga lainnya,” jelas Harti. 

 

Di hari yang sama, Harti bersama petugas Keswa juga mengunjungi HO, penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) lainnya yang ada di Kelurahan Buring. 

 

“HO ini tidak mau memakai baju sama sekali. Dia hanya mau memakai baju jika mau mengaji. Setelah mengaji, bajunya dilepas lagi,” kata Harti.

 

Saat bertemu orang tua HO, Harti dan Keswa juga mengedukasi keluarga agar mau membawa anaknya ke RSJ. Meskipun edukasi ini telah dilakukan untuk kesekian kali, namun orang tua kukuh dengan jawabannya. 

 

“Keluarga jelas-jelas menolak membawa HO ke RSJ, karena mereka menganggap kalau anak mereka tidak sakit, hanya merasa kepanasan sehingga tidak mau berpakaian,” terang Harti. 

 

Kendati demikian, Harti dan petugas Keswa terus mengingatkan keluarga agar HO tetap rutin mengkonsumsi obat, sehingga kondisinya stabil dan tetap tenang. (har/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    40796
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.