Scroll to top

Difasilitasi Biro Perekonomian Setdaprov Jatim, Dinsos Jatim Ikuti Solo Leading Industry Expo 2021 | BIDANG PENGEMBANGAN PENYELENGGARAAN KESSOS

Dipublikasi pada 17 Oktober 2021

SURAKARTA - Usai berpartisipasi dalam pameran Jatim Fair Hybrid 2021 dan berhasil menyabet kategori penghargaan Desain Stan Tema Khusus, kini Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim berpartisipasi dalam Solo Leading Industry Expo 2021. 

Keikutsertaan Dinsos Jatim dalam acara ini difasilitasi Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Jatim. 

Dalam acara yang berlangsung dari Jumat (15/10) hingga Minggu (17/10) di atrium Solo Square, Kota Solo, Dinsos Jatim kembali menampilkan kebolehan para penyandang disabilitas dalam membuat batik kaki dan sulam kaki.

Para penyandang disabilitas yang berpartisipasi dalam pameran ini, yakni Siti Rohmatillah, pembuat batik kaki asal Bondowoso, Nora Cahyo Febrianto eks ODGJ, pembuat sketsa motif batik, Wahyu Nasipa pembuat sulam kaki yang merupakan klien Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (RSBD) Pasuruan, dan Nuur Wahyu Mufiida, klien UPT Rehabilitasi Sosial Bina Rungu Wicara (RSBRW) Pasuruan.

Even rutin berskala nasional ini dihadiri Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta, Ir. Agus Sutrisno, M.Si., Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang hadir secara virtual dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surakarta yang juga istri Wali Kota Surakarta, Selvi Ananda.

Kepala Bidang Pengembangan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Dinsos Jatim, Ir. Hoirun Nawalah, M.Kes mengatakan, keikutsertaan Dinsos Jatim dalam even ini diharapkan mampu menjembatani potensi para klien disabilitas, tak hanya di Jatim tapi juga di daerah lainnya seperti di Jateng ini. 

“Kami juga berharap masyarakat dapat terinspirasi dan tidak memandang sebelah mata penyandang disabilitas,” harapnya. 

Sementara, Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta, Ir. Agus Sutrisno, M.Si menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya pemulihan ekonomi nasional, media promosi produk Industri Kecil Menengah (IKM) dan menggerakkan semangat IKM.

“Acara ini digelar dua tahun sekali dan sudah dilaksanakan dua kali. Dampaknya begitu terlihat, sehingga Pak Wali Kota menginginkan tahun ini kembali digelar menjadi agenda tahunan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dekranasda Kota Surakarta, Selvi Ananda sempat berkeliling ke stan-stan, termasuk ke stan Dinsos Jatim. 

Selain berbelanja produk-produk yang dipamerkan di stan Dinsos Jatim, Selvi juga melihat langsung para penyandang disabilitas praktik menyulam dengan kaki, membatik dengan kaki, dan membuat sketsa motif batik. (cpi/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    40794
  • Telepon

    031-8290794
  • Email

    dinsosjatim56b@jatimprov.go.id
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.