Scroll to top

Cegah Longsor di Lereng Tanggul Bengawan Solo, Tagana Lamongan Tanam Ratusan Pohon | BIDANG PERLINDUNGAN & JAMINAN SOSIAL

Dipublikasi pada 20 September 2021

LAMONGAN – Tagana Kabupaten Lamongan melakukan pencegahan longsor di lereng tanggul sungai Bengawan Solo melalui penanaman pohon, Minggu (19/9/2021).

Kegiatan ini berlangsung di Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan dan melibatkan sejumlah pihak. Di antaranya, Kepala Desa Parengan, Perangkat Desa Parengan, dan masyarakat sekitar. 

Koordinator Tagana Kabupaten Lamongan, Fahmi mengatakan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mencegah tanah gerak atau longsor ketika terjadi luapan debit air.

“Hal ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana, serta menciptakan rasa aman dan nyaman,” katanya.

Kecuali itu, lanjut Fahmi, penanaman pohon ini merupakan wujud kepedulian Tagana dalam menjaga kelestarian lingkungan dan alam. Senada dengan program Tagana Menjaga Alam (TMA) yang menjadi salah satu fokus Tagana.

Sebelum melaksanakan kegiatan ini, pihak Tagana melakukan koordinasi dengan Kepala Desa dan Perangkat Desa Parengan.

“Kepala desa menyambut baik kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan akan ada aksi lanjutan setelah penghijauan ini,“ terangnya

Kolaborasi antara Tagana, Pemerintah Desa Parengan, dan masyarakat ini pun mampu menanam 200 bibit pohon. Mulai dari sawo, mahoni, palem, sirsak, srikaya, dan lainnya.

“Kami juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pohon dalam penguatan tanggul Sungai Bengawan Solo,” imbuh Fahmi. (sya/ul)





  • Alamat

    Jl. Gayung Kebonsari No.56b, Gayungan, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

  • Fax

    -
  • Total Pengunjung

    426432
  • Telepon

    0318290794
  • Email

    dinsosjatim56b@gmail.com
© 2020, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.
All right reserved.