TKSK Peterongan Kabupaten Jombang Jangkau dan Asesmen Lansia Fakir Miskin

  • 10 Juli 2024
  • 13 Like
  • Dinsos Jatim

JOMBANG - Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Peterongan Kabupaten Jombang menjangkau dan melakukan asesmen pada lansia fakir miskin asal Desa Sumberagung, Kecamatan Peterongan, Senin (8/9/2024).

Setelah mendapatkan informasi dari pihak Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Jombang terkait adanya lansia yang membutuhkan bantuan, TKSK Peterongan Muchtar Chubis langsung mendatangi Ma’shum (58) di Dusun Kaliglugu, Desa Sumberagung, Kecamatan Peterongan. Lansia ini sebenarnya tercatat sebagai warga Dusun Bapang, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto.

“Dia pada hari Jumat (5/7/2024) lalu datang ke UPT PSTW Jombang bertanya apakah bisa tinggal di situ dikarenakan kondisinya yang tidak mempunyai tempat tinggal. Saat ini dia menetap di rumah mertua anaknya di Dusun Kaliglugu,” kata Chubis.

Saat diasesmen, Ma’shum mengaku belum pernah mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah sama sekali. Lansia tersebut juga menderita gagal ginjal, yang mana tiap dua kali dalam seminggu ia harus melakukan cuci darah. Untuk biaya pengobatannya, selama ini Ma’shum menggunakan BPJS mandiri yang dibayar oleh anak semata wayangnya.

“Anaknya juga masuk dalam kategori kurang mampu dan masih menumpang di rumah mertua yang berisikan empat KK dan tujuh orang dalam satu rumah tersebut. Dia berharap bisa tinggal di UPT PSTW Jomabang dan mendapatkan pelayanan sosial dari pemerintah di masa tuanya yang dalam kondisi sakit seperti saat ini,” pungkas Chubis.

Dari hasil penjangkauan ini, TKSK Peterongan berkoordinasi dengan UPT PSTW Jombang. (bis/mam/din)

Share the post

Berita terkait

Post Image

TAGANA Jawa Timur Cetak Rekor MURI Tingkat Dunia

Post Image

Dinsos Jatim Luncurkan TTM (Tagana Teman Masyarakat)

Post Image

Hadapi Bencana Hidrometereologi, Dinsos Gelar Rakor Tagana se-Jatim