Ibu Wagub Jatim, Serahkan Anak Angkat UPT Yansos Asuhan Balita Sidoarjo pada Orang Tua Asuh Featured

29 Mar 2016
5947 times

Anak-anak yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan keluarga yang penuh cinta kasih akan mempengaruhi perkembangan kepribadian si anak, sehingga ia akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Demikian disampaikan oleh Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Jatim, Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf, saat menghadiri acara Penyerahan Pengasuhan Calon Anak Angkat kepada Calon Orang Tua Angkat, Angkatan ke-13 Tahun 2016 di UPT Pelayanan Sosial Asuhan Balita, Sidoarjo, Selasa (29/03).

Menurut Fatma, sapaan akrabnya, anak-anak yang tumbuh kembang secara wajar dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan pembangunan bangsa. Sebaliknya, jika mereka mengalami berbagai hambatan dalam tumbuh kembangnya atau yang sering disebut dengan anak terlantar, dapat menjadi beban bagi masyarakat dan membutuhkan biaya sosial yang tinggi.

“Orang tua mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk mengasuh, memelihara, mendidik dan melindungi anak. Apabila orang tua tidak ada atau tidak diketahui keberadaannya karena suatu sebab, maka kewajiban dan tanggung jawab dapat beralih kepada keluarga, dalam hal ini Calon Orang Tua Angkat”, ujar isteri dari Wakil Gubernur Jatim, Drs. Saifullah Yusuf ini.

Menurutnya, penyerahan hak asuh anak kepada calon orang tua angkat ini sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu UU No. 23 T 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah diubah dengan UU No.35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Pengangkatan anak adalah perbuatan hukum yang mengalihkan seorang anak dari lingkungan kekuasaan keluarga, orang tua/wali yang sah atau orang lain yang bertanggung jawab atas perawatan, pendidikan dan membesarkan anak tersebut ke dalam lingkungan kekuasaan keluarga orang tua angkat berdasarkan putusan atau penetapan pengadilan.

Ia menambahkan, dengan ditetapkannya PP No. 54 tahun 2007 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak dan Permensos No. 110/HUK/2009 tentang Persyaratan Pengangkatan Anak, perlu dilakukan penyempurnaan terhadap prosedur pengangkatan anak. Diantaranya dengan menjamin terpenuhinya kebutuhan jasmani, rohani, dan sosialnya agar anak dapat tumbuh kembang secara wajar. Selain itu dengan memberikan kesempatan kepada keluarga mampu untuk ikut serta dalam menunjang kesejahteraan sosial anak di masa depan.

Pada kesempatan ini, dilakukan penyerahan secara simbolis 11 Calon Anak Angkat kepada Calon Orang Tua Angkat oleh Fatma Saifullah Yusuf. Tak lupa ia berpesan agar calon orang tua angkat dapat menjaga dan merawat anak-anak dengan baik. “Saya titipkan anak-anak ini kepada Bapak/Ibu agar dirawat, dijaga dan diasuh dengan baik hingga kelak ia dewasa, mendapat pendidikan setinggi-tingginya dan menjadi orang yang berguna”, pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Prov. Jatim, Dr. Sukesi, Apt, MARS, menyampaikan, acara penyerahan calon anak angkat kepada calon orang tua angkat ini sebagai bagian dari upaya Pemprov Jatim menangani balita terlantar dan memberikan perlindungan dan penghidupan yang layak. Selain itu, upaya ini sebagai penyelamat generasi penerus bangsa dari ketelantaran agar dapat tumbuh kembang secara wajar dan mendapat kasih sayang pengganti orang tua kandung. Menurutnya, sejak Tahun 2010 sampai dengan Maret 206, jumlah anak yang telah diadopsi adalah 181 anak. (JM)

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Terwujudnya Peningkatan Taraf Kesejahteraan Sosial Penyandang Masalah Sosial Melalui Usaha Bersama Pemerintah dan Masyarakat.

Photo Gallery