60

Rapat Koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH) Provinsi Jawa Timur 2016 (25/10/2016) terasa spesial. Bagaimana tidak, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Menteri Sosial RI Khofifah menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Meskipun keduanya hadir secara tidak bersamaan.

Saifullah Yusuf atau yang lebih akrab disapa Gus Ipul secara resmi membuka Rakor PKH tersebut. Bertempat di Dyandra Convention, Gus Ipul didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Sukesi secara resmi memukul gong menandai dibukanya acara tersebut.

Dalam sambutannya, Wagub Jawa Timur tersebut berpesan kepada seluruh elemen PKH agar tetap disiplin dalam segala hal.

"Kelihatannya sepele, tapi kedisplinan adalah utama, terlebih lagi di lapangan. Kalau sudah tidak disiplin maka berpengaruh terhadap kinerja semuanya," ucap Gus Ipul,

"Pendamping dan operator harus memberdayakan serta mendorong peran partisipasi masyarakat agar terlibat aktif," ujarnya.
 
Menurut dia, hal tersebut penting dilakukan agar masyarakat yang menjadi sasaran program Kementerian Sosial itu mengerti dan benar-benar menggunakan haknya sesuai peruntukan.

Sementara itu, Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa menghadiri acara tersebut diakhir acara sekaligus secara resmi menutup Rakor tersebut.

"Pendamping PKH harus bisa mengubah pola secara perlahan, dari proses pendampingan penerimaan tunai menjadi nontunai," ujar Khofifah di sela Rapat Koordinasi PKH Jatim 2016

"Dari sejuta orang itu, pemetaan dilakukan dan Jatim Insya Allah siap 222 ribu orang uang sudah siap dan bergerak mulai bulan depan yang diawali dari Gresik pada 5 November 2016," katanya.

Terkait rapat koordinasi yang diikuti sekitar 800 pendamping PKH, Mensos berharap sudah siap dan memiliki bekal maksimal untuk bersama-sama masyarakat turut membantu mewujudkan kesejahteraan.

Sesuai data yang dimiliki Dinas Sosial Jatim, sampai saat ini total terdapat 593.600 orang penerima manfaat, dan akan bertambah terhitung sejak November 2016 sebanyak 511.876 orang penerima manfaat.
 
"Itu artinya, di Jatim pada akhir tahun ini jumlah penerima manfaat dari program PKH mencapai sejuta lebih," kata Kepala Dinas Sosial Jatim Sukesi.
 

Materi Rakor Program Keluarga Harapan Provinsi Jawa Timur Silahkan Klik tulisan berikut

Related Comments