33

TKSK Lakukan Asesmen Lansia Terlantar di Ambulu

Sebagai kepanjangan tangan Dinas Sosial di kecamatan, TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) bertugas membantu menyelenggarakan kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan.

Hal itu pula yang dilakukan Muhammad Nauval, TKSK Ambulu, Kab. Jember saat ada lansia terlantar di wilayah tugasnya.

Jumat (13/3/2020), TKSK bersama Pemerintah Desa Andongsari, Puskesmas Andongsari dan PSKS (Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial) DPRD Jember melakukan asesmen pada Khasanah. Perempuan berusia 54 tahun itu merupakan lansia terlantar yang tinggal di Dusun Tirtoasri, Desa Andongsari, Kec. Ambulu, Kab. Jember.

Nauval menjelaskan, laporan mengenai Khasanah dia terima dari Feni Purwaningsih, anggota DPRD Kab. Jember. Laporan itu ditindaklanjuti dengan koordinasi dengan berbagai pihak, lalu dilakukan asesmen.

“Setelah asesmen, ternyata kondisi klien dalam keadaan sakit, kami pun berkoordinasi dengan Puskesmas Andongsari. Setelah pemeriksaan, klien harus rawat inap di Puskesmas dengan didampingi TKSK dan tetangga yang peduli,” ujar pria yang lebih akrab disapa Opank ini.

Setelah dirawat di Puskesmas selama tiga hari dan dinyatakan sehat, Khasanah pun diantar ke Liponsos Jember, Senin (16/3/2020).

“Klien kami bawa ke Liponsos karena hidup seorang diri tanpa ada sanak saudara,” jelas Opank. (ul)

Related Comments



Atasi Kelangkaan APD, Dua UPT Dinsos Jatim Produksi Sendiri Masker Corona

Dinsos Jatim Siaga Hadapi Covid-19

Bersinergi dengan Pemdes, Pensosmas Banyuwangi Gelar Aksi Cegah Covid-19

Gandeng Dinsos Jember, TKSK Ambulu Lakukan Penjemputan ODGJ yang Alami Laka Lantas di Probolinggo

Kadinsos Minta TKSK Jadi Pionir Penanganan Corona di Level Kecamatan