39

Reaksi Cepat Banjir Bondowoso, Dinsos Jatim Langsung Dirikan Dapur Umum

BONDOWOSO- Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Bondowoso, kemarin, langsung direaksi cepat Dinas Sosial Jatim dengan membuka dapur umum di Lapangan Hasanuddin Desa Sempol Kec. Ijen, Kamis (30/1/2020).

Pendirian dapur umum yang dilakukan Tim Tagana ini langsung dipantau Kadinsos Jatim, Dr Alwi dan Kabid Linjamsos Restu Novi Widiani.

Sedianya, dapur umum ini disiapkan untuk membantu kebutuhan logistik masyarakat terdampak dan tim relawan yang sedang melakukan proses pembersihan pasca banjir.

Dalam sehari, dapur umum akan menyiapkan paket nasi sebanyak 3000 bungkus untuk kebutuhan sarapan pagi, dan makan siang.

"Dengan dapur umum ini, kita ingin pastikan bahwa kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak banjir bandang benar-benar terpenuhi," tegas Alwi.

Sementara, untuk menyiapkan kebutuhan logistik sebanyak itu, sedikitnya 50 personil Tagana gabungan telah ditugaskan di dapur umum, meliputi, Tagana Bondowoso, Tagana Jember, Kampung Siaga Bencana (KSB) Sempol dan tenaga Pendamping PKH.

Selain bantuan makanan, Dinsos Jatim juga menggelar baksos di beberapa titik lokasi bencana bersama sejumlah relawan setempat, seperti, Kancana Berdaya Bondowoso, Tagana Rajawali, Tagana Banyuwangi dan sejumlah relawan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Kadinsos Jatim, Alwi, juga menyerahkan bantuan sejumlah peralatan dan paket sembako kepada warga terdampak senilai Rp 161,8 juta. Peralatan itu di antaranya berupa, tenda gulung, food ware, mie instan, makanan anak, tenda serbaguna, peralatan dapur tagana dan kasur. (yus)

Related Comments