58

Sebagai bentuk apresiasi atas kinerja Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) selama sepuluh tahun terakhir, Dinas Sosial Provinsi Jatim dalam dua hari ini, Sabtu-Minggu (26-27/10/2019) menggelar Peringatan Satu Dasawarsa TKSK Provinsi Jatim. Acara yang dipusatkan di halaman kantor Dinas Sosial Prov. Jatim Jl Gayung Kebonsari No. 56 B Surabaya ini diikuti 666 orang TKSK se-Jatim.

Peringatan ini ditandai dengan apel siaga TKSK yang dipimpin Plt Asisten I Setdaprov Jatim, Himawan Estu Bagijo, mewakili Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu sorenya.

Dalam sambutannya, ia mengungkapkan, untuk menjalankan tugas sebagai TKSK memang diperlukan rasa sensitivitas sosial yang tinggi. Sebab, sasaran tugas TKSK adalah para pemerlu pelatanan kesejahteraan sosial.

"Untuk menjadi TKSK itu tidak perlu orang yang punya kepandaian dan kecerdasan, tapi perlu mereka yang punya kekayaan hati," ujar Gubernur Khofifah dalam sambutan yang dibacakan Himawan.

Karena itu, beliau menegaskan, proses rekrutmen TKSK untuk mengganti TKSK yang mengundurkan diri, diutamakan mereka yang memiliki komitmen nilai dasar kesetiakawanan sosial, daripada mereka yang berpendidikan tinggi tapi pengabdiannya rendah.

Dan sebagai apresiasi kepada TKSK yang telah memberikan pengabdian secara tulus, Pemprov Jatim dan pemerintah pusat memberikan tali asih sebesar Rp 3 juta tiap orang.

“Semoga ke depan kawan-kawan TKSK bisa semakin meningkatkan sensitivitas sosialnya, karena mereka harus sensitif terhadap kondisi sosial di sekitarnya agar bisa membantu menolong PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) yang itu merupakan pekerjaan utama TKSK,” ungkapnya.

Sementara, Plt Kepala Dinsos Jatim, Suban Wahyudiono menambahkan, peringatan satu dasawarsa TKSK ini menjadi momentum yang sangat bagus untuk meningkatkan skill dan kompetensi TKSK. Pasalnya, tugas TKSK dalam mencari data dan mencari solusi di setiap kecamatan membutuhkan keterampilan dan kompetensi tersendiri.

“Ke depan TKSK harus siap, karena ke depan ada beberapa hal terkait data yang diperlukan secara cepat dan akurat,” pungkasnya.

Peringatan satu dasawarsa TKSK Provinsi Jatim ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, lomba respon penanganan kasus, bakti sosial donor darah, penyerahan bingkisan kepada PPKS, hingga kerja bakti. 

(ay)

Related Comments