48

Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2019 yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (20/12/2019), menjadi momentum yang membahagiakan bagi sejumlah penyandang disabilitas di Jawa Timur. Betapa tidak, di hari itu mereka mendapat beragam jenis bantuan dan santunan dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Salah satunya, bantuan kaki palsu yang diterimakan kepada Sandy Agung Herniawan. Pria yang kesehariannya tinggal di UPT Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Bangil, Kabupaten Pasuruan itu merupakan penyandang disabilitas dengan cacat kaki sebelah kiri..

Sandy pun mengaku sangat bersyukur dan bahagia dengan bantuan kaki palsu yang diterima dari Gubernur Khofifah. Ia juga sempat mencobanya untuk jalan dan duduk. Ia juga kagum karena kaki palsu itu ternyata bisa ditekuk saat ia duduk.

"Alhamdulillah saya baru pertama kali ini memiliki kaki palsu. Terima kasih Bu Gubernur. Ini bermanfaat sekali. Sekali lagi, terima kasih Bu Khofifah," ujar pria kelahiran 26 Maret 1992 yang juga piawai bermain gitar ini.

Di sela acara peringatan HDI yang digelar bersamaan dengan acara peringatan Hari Ibu 2019 serta Hari Ulang Tahun Ke-20 Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Timur itu, Sandy Agung pun menunjukkan kebolehannya memainkan gitar mengiringi rekannya Rachmat Hidayat dan Muniroh membaca puisi tentang disabilitas.

Seusai tampil, pria asal Malang ini pun mendapat hadiah gitar listrik dari Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono. Sementara Rachmat dan Muniroh mendapat hadiah komputer jinjing dengan harapan agar mampu lebih berkreasi dan terus termotivasi.

Di hadapan segenap undangan yang hadir, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berpesan kepada seluruh penyandang disabilitas agar tetap semangat dan tidak merasa menjadi warga kelas dua di tengah-tengah masyarakat. Ia pun memotivasi para penyandang disabilitas untuk terus melakukan yang terbaik.

"Yang harus diingat, bahwa semua manusia di hadapan Allah SWT adalah sama. Derajat manusia di hadapan Allah tidak dilihat dari fisik maupun hartanya, tapi yang dilihat Allah adalah ketakwaannya," kata dia.

Selain Gubernur Jatim Khofifah dan Sekdaprov Heru Tjahjono, hadir juga dalam acara itu Wagub Jatim, Emil E. Dardak, Ketua Tim Penggerak PKK Jatim, Arumi Dardak, Ketua Dharma Wanita Persatuan Prov Jatim, Gardjati Heru Tjahjono, Kapolda Jatim Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan didampingi Ibu Ketua Bhayangkari PD Jatim Atik Luki Hermawan, dan Pangdam V Brawijaya, Mayjen. TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Jatim, Arumi Dardak juga memberikan bantuan berupa sepeda motor roda tiga, kursi roda, paket bahan pokok, dan uang tunai kepada sejumlah penyandang disabilitas.

(ay)

Related Comments