46

Kadinsos Minta TKSK Jadi Pionir Penanganan Corona di Level Kecamatan

Penyebaran virus corona (Covid-19) yang kian mengkhawatirkan, membuat Dinsos Jatim terus berupaya menggerakkan jejaring sosialnya di level kabupaten/kota, dan bahkan di tingkat kecamatan.

Salah satunya, melalui Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) yang tersebar di 38 kabupaten/kota. Guna keperluan itu, Senin (23/3/2020), Dinsos Jatim menggelar pembinaan koordinator TKSK se-Jatim.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di kantor Dinsos Jatim Jl Gayung Kebonsari No 56b Surabaya itu, Kepala Dinsos Jatim Dr Alwi berharap agar TKSK dapat menjadi pionir dalam penanganan Covid-19 di wilayahnya.

"TKSK diharapkan dapat mempelajari semua yang berkaitan dengan virus corona. Mulai dari gejala hingga cara penularan dan pencegahannya," ujarnya.

Alwi juga mendorong agar TKSK membentuk Gugus Tugas untuk menjadi tim deteksi dini Covid-19 di wilayahnya masing-masing. "Nanti bisa berkoordinasi dengan PSM (Pekerja Sosial Masyarakat), Karang Taruna, LKS (Lembaga Kesejahteraan Sosial), dan pilar-pilar sosial lainnya. TKSK nanti sebagai koordinatornya," tegasnya.

Mantan Kepala Bakorwil Pamekasan ini juga berharap, TKSK dapat berperan aktif menyosialisasikan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di wilayahnya untuk mencegah penularan virus corona.

"Yang paling penting, TKSK harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan agar terhindar dari penularan virus corona," pesannya.

Dalam kegiatan ini, Dinsos juga membagikan poster dan stiker yang berisikan informasi tentang pencegahan penularan virus corona. Yakni, dengan menerapkan pola hidup sehat, makan makanan yang bergizi, dan menjaga kebersihan diri. (uul)

Related Comments



Atasi Kelangkaan APD, Dua UPT Dinsos Jatim Produksi Sendiri Masker Corona

Dinsos Jatim Siaga Hadapi Covid-19

Bersinergi dengan Pemdes, Pensosmas Banyuwangi Gelar Aksi Cegah Covid-19

Gandeng Dinsos Jember, TKSK Ambulu Lakukan Penjemputan ODGJ yang Alami Laka Lantas di Probolinggo

Kadinsos Minta TKSK Jadi Pionir Penanganan Corona di Level Kecamatan