30

Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Provinsi Jatim yang digelar di Alun-alun Kabupaten Jombang, Sabtu siang (14/12/2019) berlangsung sangat semarak.

Selain seremoni yang dihadiri sekitar 5000 peserta se-Jatim, peringatan HKSN Jatim juga disemarakkan dengan berbagai kegiatan, seperti donor darah yang dilaksanakan PMI Kab. Jombang, bakti sosial operasi mata katarak gratis yang diadakan Koarmada, konsultasi kesehatan wanita dan pap smear yang diadakan RSIA Muslimat Jombang, dan pengobatan gratis yang dilaksanakan RSUD Kab. Jombang.

Stan-stan tersebut pun ramai dikunjungi. Bahkan, antrian tampak mengular di stan donor darah.
Hingga akhir acara, PMI Kab. Jombang menerima 125 pendonor darah. Sementara itu, operasi katarak gratis mengoperasi 60 orang. Puluhan pengunjung juga mampir di stan konsultasi kesehatan wanita dan pengobatan gratis.

Keterlibatan banyak pihak dalam menyukseskan acara HKSN Provinsi Jatim pun diapresiasi Staf Ahli Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial Kementerian Sosial RI, Asep Sasa.

Menurutnya, penyelenggaraan HKSN Provinsi Jatim menunjukkan semangat kesetiakawanan yang tinggi. "Dari Jatim, semangat kesetiakawanan sosial kita dorong supaya bisa merata ke seluruh Indonesia," ajaknya.

Asep juga mengucapkan terima kasih secara khusus kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab yang memberikan apresiasi kepada para pemenang penghargaan dan bantuan sepeda motor untuk tim reaksi cepat TKSK Kab. Jombang.

"Semoga menginspirasi kepala daerah lain untuk memberikan apresiasi kepada pilar sosial," harapnya.

 

(ul)

Related Comments