164

Cegah Penyebaran Covid-19, Dinsos Jatim Sterilkan Kantor Hingga Siagakan Tagana

Imbauan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran dan penularan Virus Corona (Covid-19), langsung ditindaklanjuti Dinas Sosial Prov. Jatim.

Berbagai upaya telah dilakukan, mulai penerapan aturan wajib cuci tangan bagi seluruh pegawai sebelum masuk kantor, pemberlakuan pemeriksaan bagi orang terlantar yang datang dari luar, hingga menggelar apel siaga anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Tidak itu saja, Dinsos Jatim juga telah melakukan sterilisasi semua sudut ruangan kantornya dengan cairan disinfektan, dan mensosialisasikan perilaku hidup sehat kepada semua pegawai, termasuk tenaga kebersihan dan petugas Satpol PP.

Kadinsos Jatim Dr Alwi mengungkapkan, upaya pencegahan penyebaran virus corona yang dilakukan di area kantornya itu merupakan tindak nyata dari arahan Gubernur Jatim yang disampaikan melalui Surat Edaran Gubernur, beberapa waktu lalu.

"Ya, sebelum kita menganjurkan kepada masyarakat luas, alangkah baiknya jika kita dan lingkungan kita, sudah menerapkan terlebih dulu perilaku hidup sehat ini," ujarnya.

Selain pencegahan di lingkup internal, Dinsos Jatim juga telah menggelar apel siaga Tagana dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 secara luas.
Kegiatan ini dilaksanakan di aula Dinsos Jatim, Rabu (18/3) malam.

Alwi mengatakan, selama ini Tagana selalu berada di garda terdepan dalam penanggulangan bencana. Karena itu, tak heran jika di saat rakyat resah dengan adanya Covid-19, Tagana harus hadir. Tagana pun bisa menjadi operator pengaduan masyarakat terhadap penyebaran Covid-19.

"Sekarang ini, Tagana sudah mengadakan tugas piket Tagana di Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Jawa Timur yang dibagi Sift 3 kali dalam sehari semalam," ujarnya.

Selain itu, Tagana bersama Dinkes dan BPBD se-Jatim juga melakukan penggalangan bantuan alat kelengkapan yang dibutuhkan untuk penanganan covid-19. Antara lain seperti masker, handscoon, Hand sanitizer, media cuci tangan. 

Dengan tugas-tugas itu, Alwi menekankan kepada seluruh personel Tagana dan keluarga untuk menjaga kesehatan, kebersihan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

"Jika tidak ada hal yang penting, anggota Tagana sebaiknya juga menghindari interaksi dengan orang banyak," sarannya.(yus)

Related Comments



Atasi Kelangkaan APD, Dua UPT Dinsos Jatim Produksi Sendiri Masker Corona

Dinsos Jatim Siaga Hadapi Covid-19

Bersinergi dengan Pemdes, Pensosmas Banyuwangi Gelar Aksi Cegah Covid-19

Gandeng Dinsos Jember, TKSK Ambulu Lakukan Penjemputan ODGJ yang Alami Laka Lantas di Probolinggo

Kadinsos Minta TKSK Jadi Pionir Penanganan Corona di Level Kecamatan