26

Cegah Covid-19, Pensosmas Jatim Lakukan Disinfeksi dan Penyuluhan

Sebagai salah satu anggota Gugus Tugas Promotif dan Preventif Satgas Penanganan Covid-19 Pemprov Jatim, Dinas Sosial Prov. Jatim beserta jajaran relawannya kini kian intens melakukan aksi pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Salah satunya, seperti yang dilakukan relawan penyuluh sosial masyarakat (Pensosmas) Jatim di kawasan Kelurahan Genting Tambak Dalam, Kec. Asemrowo, Kota Surabaya.

Relawan sosial yang merupakan bagian dari Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) ini, Minggu (22/3/2020), melakukan upaya pencegahan Covid-19 secara mandiri dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Kelurahan Genting Tambak Dalam, Asemrowo, khususnya di lingkungan RT 02 RW 02.

Selain melakukan disinfeksi, Pensosmas juga memberi penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), imbauan untuk tidak keluar rumah kecuali untuk keperluan yang mendesak, dan imbauan untuk menjaga jarak (social distancing) jika terpaksa harus keluar rumah.

Pensosmas Jatim juga membuat video berisi edukasi dan cara pencegahan virus corona. Melalui video ini, pesan yang disampaikan Pensosmas lebih mudah disebarkan dan menjangkau lebih banyak masyarakat.

Kadinsos Jatim Dr Alwi mengapresiasi langkah mandiri yang dilakukan Pensosmas tersebut. Menurutnya, apa yang dilakukan Pensosmas merupakan bentuk lain dari kehadiran negara di tengah masyarakat.

"Kita sangat mengapresiasi langkah mandiri teman-teman Pensosmas. Saya kira, ini merupakan wujud perhatian dan bentuk partisipasi para relawan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, mantan Kepala Bakorwil Pamekasan juga telah menerjunkan tim Tagana Jatim untuk melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa fasilitas publik, seperti tempat ibadah dan kantor-kantor OPD Pemprov Jatim.

"Kita berharap segenap jajaran dan relawan Dinas Sosial turut mendukung imbauan pemerintah dan ibu gubernur untuk melakukan beberapa hal yang mampu mencegah penyebaran Covid-19," harapnya. (*)

Related Comments



Atasi Kelangkaan APD, Dua UPT Dinsos Jatim Produksi Sendiri Masker Corona

Dinsos Jatim Siaga Hadapi Covid-19

Bersinergi dengan Pemdes, Pensosmas Banyuwangi Gelar Aksi Cegah Covid-19

Gandeng Dinsos Jember, TKSK Ambulu Lakukan Penjemputan ODGJ yang Alami Laka Lantas di Probolinggo

Kadinsos Minta TKSK Jadi Pionir Penanganan Corona di Level Kecamatan