103

Bersinergi dengan Kominfo, Dinsos Integrasikan Publikasi Sosial di Jatim

Perkembangan teknologi informasi dan media sosial (medsos) saat ini semakin memudahkan persebaran informasi di tengah masyarakat. Pengguna medsos pun kian mudah melaporkan setiap kejadian yang terjadi di sekitarnya, termasuk yang berkaitan dengan permasalahan sosial.

Hal ini menjadi perhatian Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim Dr Alwi. Dia berharap, persebaran kecepatan informasi di tengah masyarakat itu tidak hanya terkait tentang permasalahan, melainkan juga mengenai program dan upaya preventif permasalahan sosial.

"Dinsos Jatim saat ini memiliki Jatim Social Care yang menangani aduan dari masyarakat. Dengan tim ini, permasalahan yang terjadi di daerah-daerah bisa segera diatasi," ujarnya saat membuka acara Konsolidasi dan Integrasi Publikasi Sosial Dinsos Jatim di Hotel Mercure Surabaya, Selasa (25/2/2020).

Alwi menjelaskan, untuk menyebarluaskan dan memudahkan penyampaian informasi kepada masyarakat, Dinsos Jatim perlu membangun sinergi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

"Perlu adanya kerjasama yang terintegrasi antara berbagai unsur yang mempunyai latar belakang pekerjaan maupun kepentingan agar penyebarluasan informasi lebih efektif dan efisien," katanya.

Alwi berharap, melalui kegiatan Konsolidasi dan Integrasi Publikasi Sosial tersebut dapat dirumuskan formula yang tepat agar Dinsos dan Kominfo bisa bersinergi dengan baik.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, Selasa-Rabu (25-26 Februari 2020) itu diikuti 80 peserta yang berasal dari Dinas Sosial dan Dinas Kominfo provinsi dan 38 kabupaten/kota.

Beberapa narasumber dihadirkan dalam acara tersebut. Yakni, Prof Dr KH Ahmad Imam Mawardi dari UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr dr Erwin Astha Triyono SPD, K-PTI dari RSUD dr Soetomo, Yanti Dyah Harsono S Sos, M Si dari Dinas Kominfo Provinsi Jatim, dan Indarsyah Chalifatiyanti S Psi M Psi dari PPT (Pusat Pelayanan Terpadu) Provinsi Jatim. (ul)

Related Comments



Atasi Kelangkaan APD, Dua UPT Dinsos Jatim Produksi Sendiri Masker Corona

Dinsos Jatim Siaga Hadapi Covid-19

Bersinergi dengan Pemdes, Pensosmas Banyuwangi Gelar Aksi Cegah Covid-19

Gandeng Dinsos Jember, TKSK Ambulu Lakukan Penjemputan ODGJ yang Alami Laka Lantas di Probolinggo

Kadinsos Minta TKSK Jadi Pionir Penanganan Corona di Level Kecamatan